Langsung ke konten utama

Lipoma, Penyebab Gejala Dan Cara Mengobatinya

Lipoma, Penyebab Gejala Dan Cara Mengobatinya

LIPOMAKarakteristik, Penyebab, Gejala Dan Metode Pengobatannya


Berikut ini adalah berbagai informasi seputar benjolan lipoma. Informasi terkait bisa Anda lihat dari judul yang kami beritanda huruf besar.

Mengenal Karakteristik Benjolan Lipoma


Lipoma merupakan suatu kondisi dimana munculnya benjolan aneh pada satu atau beberapa bagian tubuh. Lipoma sendiri adalah suatu benjolan sejenis tumor jinak yang terjadi pada jaringan lemak yang tumbuh dibawah permukaan kulit. Tepatnya diantara lapisan kulit dan lapisan otot.

Pertumbuhan benjolan lipoma ini sendiri terbilang lambat. Benjolan lipoma ini sendiri memiliki karakteristik terasa lunak bilamana ditekan, dan bilamana benjolan di tekan terus, maka benjolan dapat bergeser sedikit.

Pada umumnya benjolan lipoma tidaklah menimbulkan rasa sakit. Dan juga biasanya benjolan hanya sampai 5 cm. Namun terkadang lipoma ini dapat terus bertambah banyak, dan tentunya mengganggu penampilan serta aktivitas sehari-hari.

Rasa sakit memang jarang dialami penderita benjolan lipoma. Tapi bilamana benjolan yang terjadi sudah cukup besar dan menekan pembuluh darah atau syaraf disekitarnya, maka rasa sakit memang akan dialami para penderita lipoma ini.

Penyebab Munculnya Benjolan Lipoma


Untuk penyebab dari munculnya benjolan lipoma ini sendiri sampai sekarang belum dapat diketahui secara pasti. Namun beberapa faktor berikut diperkirakan para dokter dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami benjolan lipoma.

  • Genetika atau keturunan
  • Umur, walaupun memang benjolan lipoma ini dapat menyerang semua orang dari segala usia, ternyata dari sekian banyak kasus yang terjadi kebanyakan adalah mereka yang sudah berumur 40-60 tahunan.
  • Memiliki riwayat atau menderita kondisi tertentu, misalnya menderita sindrom Cowden, sindrom gardner, atau adiposis dolorosa.

Gejala Benjolan Lipoma


Benjolan lipoma sendiri dapat muncul pada bagian tubuh manapun. Namun pada umumnya benjolan muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu. Berikut adalah gejalanya

  • Lipoma biasanya berdiameter 1-3 cm. Lipoma dapat tumbuh dan menjadi lebih besar, namun umumnya diameternya tidak lebih dari 5 cm.
  • Bilamana benjolan tersebut ditekan, maka benjolan lipoma akan dapat bergerak meskipun sedikit
  • Bilamana disentuh atau ditekan, benjolan juga akan terasa agak lembek seperti karet
  • Lipoma yang masih berukuran kecil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, namun lain halnya bilamana lipoma sudah mencapai ukuran yang terbilang cukup besar, misalnya berukuran 5 cm. Benjolan biasanya kerap menyebabkan rasa sakit
  • Bilamana lipoma bertahan sampai tahunan, biasanya ukuran lipoma tidak akan berubah namun lain halnya dengan tumor ganas / kanker, misalnya karena benjolan limfoma.

Diagnosa Lipoma


Pendiagnosaan benjolan lipoma sendiri biasanya akan dilakukan melalui pemeriksaan fisik dan pengambilan sempel jaringan untuk diteliti dilaboratorium. Hal ini dilakukan guna membedakan apakah benjolan yang terjadi karena lipoma atau kista ataukah sepupu dekat lipoma yaitu limfoma.

Perlu diketahui sebelumnya...
Meski terdengar sama lipoma dan limfoma itu jauh berbeda
Dari sekian banyak kasus dan jenis kanker yang terjadi, benjolan yang terjadi karena lipoma dan limfoma adalah jenis yang paling seringkali tertukar dalam hal pendiagnosaannya.
Lipoma sendiri merupakan tumor jinak pada lapisan lemak, sedangkan limfoma adalah tumor ganas yang terjadi pada kelenjar getah bening. Dimana lokasi keduanya sangat berdekatan.
Sama pula seperti halnya lipoma, limfoma ini juga dapat terjadi diseluruh bagian tubuh. Dan juga masih sama, dari sekian banyak kasus benjolan limfoma, benjolan ini pada umumnya terjadi pada area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu.
Namun bilamana lipoma ini tidak sampai mengancam nyawa, limfoma sendiri taruhannya adalah nyawa. Limfoma sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang masuk dalam kategori 10 jenis kanker penyumbang angka kematian tertinggi di dunia.

Maka dari itu bilamana Anda mengalami kondisi dimana


  • Benjolan yang terjadi tumbuh cukup cepat
  • Benjolan yang terjadi terasa sakit bila dipegang
  • Sudah dilakukan operasi namun benjolan muncul lagi muncul lagi

Maka lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter yang lebih ahli atau ke dokter spesialis misalnya dokter spesialis kanker atau ke rumah sakit terkenal untuk melakukan pemerisaan lebih lanjut. Apakah benjolan yang terjadi memang karena lipoma atau malah karena limfoma.

Pengobatan Lipoma


Pada umumnya bilamana benjolan lipoma ini masih kecil, pengobatan tak perlu dilakukan (dengan syarat benjolan yang terjadi benar-benar karena lipoma). Namun bilamana benjolan diserta dengan rasa sakit atau benjolan yang terjadi masih terus membesar atau mengganggu Anda, maka biasanya jalan operasi adalah cara yang biasa di tempuh guna mengatasinya.

Namun bilamana benjolan yang terjadi ternyata bukan merupakan benjolan lipoma dan melainkan saudaranya (yaitu benjolan limfoma), maka pengobatan dengan jalan operasi tidaklah efektif.

Karena seringkali sel kanker masih tersisa pada tubuh disekitar benjolan. Dan sel kanker ini dapat terus menyerang bagian yang dihinggapinya. Sehingga tak jarang sehabis operasi benjolan, beberapa bulan atau minggu setelahnya benjolan muncul kembali.

Pengobatan benjolan yang terjadi karena limfoma sendiri pengobatannya adalah dengan cara terapi radiasi atau kemoterapi, dsb. Namun tak dapat diobati dengan jalan operasi.

Operasi sendiri dilakukan pada penderita limfoma hanya untuk mengangkat sel kanker dalam jumlah besar saja (sekitar benjolan saja).

Pengobatan Benjolan Lipoma Yang Dapat Di Rumah Terlebih Dahulu


  1. Sering-seringlah untuk memeriksa benjolan Anda. Lipoma memang tidak terlalu berbahaya, tapi bilamana seandainya benjolan yang terjadi bukan karena lipoma maka hal tersebut dapat sangat berbahaya
  2. Konsultasikan segera dengan dokter bilamana benjolan terasa sakit, terus membesar, mengalami demam, atau hal yang tidak biasa lainnya
  3. Bilamana memungkinkan, buatlah jadwal kontrol atau konsultasi secara rutin untuk memantau perkembangan yang terjadi
  4. Bilamana ada pertanyaan, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengobati Benjolan Di Ketiak Yang Terasa Sakit Bila Ditekan

Cara Mengobati Benjolan Di Ketiak Yang Terasa Sakit Bila Ditekan Apakah itu Benjolan ketiak? Benjolan ketiak umumnya mengacu pada pembesaran sekurang-kurangnya satu kelenjar getah bening dibawah lengan Anda. Kelenjar getah bening ialah kelenjar kecil berupa oval yang terdapat di semua badan. Mereka mainkan peranan terpenting dalam skema kebal badan Anda. Benjolan mungkin berasa kecil. Dalam masalah lainnya, ini mungkin begitu tampak. Benjolan ketiak bisa dikarenakan oleh kista, infeksi, atau iritasi karena pencukuran atau pemakaian antiperspiran. Akan tetapi, Benjolan ini pula tunjukkan keadaan kesehatan serius yang mendasarinya. Mencari pertolongan medis bila Anda mempunyai Benjolan ketiak yang dengan setahap jadi membesar, tidak menyakitkan, ataukah tidak hilang. Penyebab Munculnya Benjolan Di Ketiak Pada Tubuh Seseorang Sejumlah besar Benjolan tidak beresiko serta umumnya adalah dari hasil perkembangan jaringan yang abnormal. Akan tetapi, Benjolan ketiak bisa dihubung

Cara Mengobati Lipoma Dengan Daun Sirsak

Sangat banyak ramuan tradisionil yang dapat dipakai untuk menyembuhkan lipoma, diantaranya daun sirsak. Tetapi apa anda ketahui bagaimanakah cara memakainya ?? Baca saja dalam artikel kami yang satu ini Cara Mengobati Lipoma Dengan Daun Sirsak . Di tempat ini kami akan menuturkan tidak cuma langkah memakai daun sirsak untuk penyembuhan lipoma, tetapi pun fakta ilmiah kenapa tanaman ini dapat menyembuhkan lipoma. Jadi baca saja selalu sampai selesai. Cara Mengobati Lipoma Dengan Daun Sirsak Lipoma ialah satu diantara banyaknya penyakit yang gejalanya berbentuk tonjolan pada bagian kulit yang terinfeksi. Akan tetapi berlainan dengan tonjolan karena penyakit biasanya. Tonjolan yang dikarenakan lipoma condong tidak jadi membesar, serta meskipun jadi membesar cuma sampai memiliki ukuran 5cm saja. Diluar itu, saat di tekan, tonjolan karena lipoma itu dapat beralih tempat. Serta kembali mempunyai struktur lebih kenyal seperti dalam cermat. Tidak cuma berlainan dengan fisiknya, sis

Meski Terdengar Sama, Lipoma Dan Limfoma Nyatanya Jauh Berbeda

Perbedaan Lipoma Dan Limfoma , Meski Terdengar Sama Lipoma Dan Limfoma Nyatanya Jauh Berbeda - Limfoma dan lipoma memang merupakan kedua jenis tumor, benjolan lipoma dan limfoma adalah yang paling seringkali tertukar. benjolan karena lipoma Berikut ini adalah foto penderita limfoma yang menjadi parah. Awalnya sendiri mengira kalau benjolan tersebut adalah lipoma biasa. Namun tak disangka benjolan yang terjadi adalah karena limfoma. Dan benjolan terus berkembang dan membesar dengan cepat. benjolan karena limfoma yang sudah cukup parah, sumber : tribunnewsbogor.com Dari banyaknya type tumor yang terjadi, yang seringkali tertukar ialah Limfoma serta Lipoma. Selintas terdengar serupa, akan tetapi menjadi fatal jika kita salah tanggap serta salah menentukan pengobatan. Baca juga : QnC Jelly Gamat adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah benjolan. Baik itu benjolan yang terjadi karena lipoma (tumor jinak) ataupun limfoma (tumor ganas/kanker). Lihat kesaksiannya disini  htt